10 Peraturan Wajib Dipahami Sebelum Sewa Mobil Rental

Salah Satu Customer Rental yang Sedang Serah Terima Kendaraan di Berkah Transport Sejahtera.

Musi Banyuasin – Flashnews.co.id |Kebutuhan transportasi makin meningkat, Saat kamu hendak bepergian terkadang ada daerah tertentu yang tidak bisa diakses dengan angkutan umum melainkan harus bawa kendaraan pribadi.

Nah buat kamu yang belum memiliki mobil ada solusi yakni dengan sewa kendaraan. Jika kamu mau sewa atau rental mobil harus perhatikan 10 praturan sewa biar kamu gak was-was saat menggunakan jasa rental.

Diungkapkan Muhammad Syaikodir, S.Sos. Direktur Berkah Transport Sejahtera Salah satu pengusaha rental mobil di Kabupaten Musi Banyuasin menuturkan banyak hal yang harus diperhatikan saat mau rental mobil, baca aturan dan pahami perjanjiannya. Ahad, (12/06/2022).

“Buat temen-temen yang mau menggunakan jasa sewa mobil harus baca peraturan rental yang biasanya dibuat oleh para pengusaha jasa rental sebelum menandatangani” ungkapnya saat dihubungi baru-baru ini.

Muhammad Syaikodir, S.Sos. Direktur Berkah Transport Sejahtera (BTS Tour Travel dan Rental) Salah Satu Pengusaha Rental Mobil di Kabupaten Musi Banyuasin.

Bang Kodir menjelaskan pada umumnya setiap pengusaha rental memiliki syarat dan peraturan rental.

“Setiap pengusaha rental biasanya punya syarat dan peraturan sendiri saat hendak merentalkan mobi. Kalo untuk di BTS Sendiri syarat rental mobil cukup mengisi formulir, meninggalkan identitas KTP Asli dan Sepeda motor sebagai jaminan. Gunanya biar memudahkan perental tidak antar jemput kendaraan” Jelas Bang Kodir Pemuda Kelahiran 1993.

Pengusaha Muda Transportasi asal Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat menjelaskan ada 10 peraturan sewa mobil pada umumnya yang wajib diketahui penyewa biar gak gagal paham dan buat gak was-was.

Berikut poin-poinnya!

1. Waktu Sewa Mobil Sehari 24 jam terhitung Pukul 00.00 – 23. 59 WIB.

Jika kamu hendak memakai jasa sewa kendaraan sebaiknya pastikan terlebih dahulu waktu sewa. Saat ini para pengusaha rental telah sepakat waktu sewa sehari 24 jam mulai dari pukul 00.00-23.59 WIB. Menghitung tanggal, meskipun kamu ambil mobil jam 12 siang atau sore jam 14.00 WIB lewat jam 00.00 WIB Sudah dihitung sehari. Lewat jam 00.00 WIB Biasanya sudah dihitung sehari atau berlaku denda. Sebaiknya komunikasikan dulu kepada pihak rental masalah waktu.

2. Memberi Kabar Jika akan Melakukan Perpanjangan dan Merubah Rute Perjalanan, syukur-syukur langsung bayar dengan Transfer Bank.

Jika karena keadaan tertentu harus perpanjang sewa, lebih baik langsung memberi kabar. Dan jika keadaan memungkinkan lansung bayar sisanya. Kemudian ada planning merubah tujuan daerah sebaiknya memberi tahu. Ini lebih baik karena pada beberapa pengusaha rental, over time atau melanggar rute memberikan denda karena dinilai tidak sesuai dengan komitmen diawal. Sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu jika menambah hari dan merubah rute biasanya denda yang dihitung akhirnya jadi lebih mahal daripada perpanjang sewa.

3. Harga Sewa Bervariasi Tergantung Daerah yang dituju dan Biasanya memakai Deposit.

Pengusaha Sewa melakukan kebijakan tersebut tentu memiliki alasan tertentu. Harga sewa setiap unit berbeda-beda berdasarkan tipe mobil. Sewa dalam Kota, luar Kota dan Luar Provinsi terdapat perbedaan harga. Hal tersebut dilakukan pengusaha biasanya untuk menghitung biaya perawatan mobil. Sementara deposit berlaku untuk Luar Provinsi.

4. Down Payment (DP) Hangus Jika Cancel Sepihak Oleh Penyewa.

Pengusaha rental biasanya meminta dp terlebih dahulu sebagai pengikat untuk menjadwalkan unit yang diminta agar tidak menyewakan ke orang lain, nah setelah dp unit sudah ready tiba-tiba penyewa cancel pengusaha rental dirugikan karena harusnya menanggung kerugian. Maka dari itu jangan sekali-kali membatalkan secara sepihak sebaiknya dikomunikasikan terlebih dahulu.

5. Mobil Harus Kembali dalam Kondisi Bersih dan BBM Seperti Semula.

Jika kamu mengambil unit dalam kondisi bersih rapi dan wangi sebaiknya jika kembali juga dalam kondisi seperti semula. BBM memang harus kembali dalam keadaan semula atau lebih. Kalau saja kurang, jelas pengusaha rental harus menanggung kerugian. Jadi jika bbm berkurang dan unit kotor kamu gak sempet bersihkan, tambahkan uang sewa senilai bbm yang berkurang dan biaya cuci mobil.

6. Setiap Semua Kerusakan yang disebabkan Kelalaian Penyewa, Maka Harus diganti.

Sebagai penyewa jangan malah menutupi kerusakan yang disebabkan dalam penggunaan. Misalnya gores, baret, dan sebagainya tetap harus diinformasikan. Apalagi sudah berlangganan dimana kepercayaan sudah diberikan dari pihak rental. Komunikasikan, dan tanyakan berapa kerugian yang harus diganti.

7. Tetap Bayar Sewa dan Ganti Jika Mobil Mengalami Insiden Selama Masa Perbaikan.

Buat kita yang terbiasa menggunakan jasa rental kendaraan agar harus lebih berhati-hati saat menggunakannya. Sebab bila mobil mengalami insiden misalnya crash atau hilang maka selama masa perbaikan kita tetap membayar jasa sewa dan biaya perbaikan, karena pengusaha dirugikan jika mobil dalam perbaikan harusnya dia bisa sewakan tapi masih di bengkel. Lalu bila kendaraan hilang disebabkan kelalaian penyewa wajib mengganti dengan kendaraan dengan tahun dan kondisi yang sama.

8. Dilarang menggunakan Mobil untuk Kejahatan Kriminal dan Melanggar Peraturan lalulintas.

Bila terindikasi mobil digunakan untuk kegiatan kriminal misalkan miras, transaksi narkotika, melanggar lalulintas yang mengakibatkan unit ditahan, maka selama unit menjadi alat bukti tindak kejahatan dan belum dapat beroperasi maka penyewa wajib membayar biaya sewa selama proses berlangsung.

9. Dilarang Merokok, Menjadikan Cup Holder Door Trim Sebagai Asbak dan Mengangkut Hewan Laut.

Banyak Pengusaha Rental Mobil yang menerapkan peraturan dilarang merokok didalam kabin apalagi menjadikan holder door trim sebagai asbak. Yang terpenting tidak untuk membawa hewan laut misalkan ikan, udang dsb. Hal ini dimaksudkan agar tetap menjaga interior mobil tetap bersih dan wangi. Bila ketahuan biasanya dikenakan denda sesuai peraturan masing-masing pengusaha rental.

10. Menggunakan BBM dengan Oktan yang Lebih Rendah dari Spesifikasi Mobil.

Biasanya mobil menengah keatas menggunakan BBM dengan oktan sesuai spesifikasi. Untuk itu tanyakan kepada pemilik rental jenis BBM apa yang digunakan. Jangan asal isi dengan oktan yang lebih rendah ketika menyewa mobil menengah keatas yang secara spesifikasi membutuhkan bbm dengan oktan tinggi.

Sudah paham ya gaes! sekarang sebelum sewa mobil wajib baca peraturan terlebih dahulu dan Utamakan bertanya kepada pengusaha rental. Mereka bisnis tentu tidak mau dirugikan. Saling terbuka agar komunikasi dan Silaturahim tetap terjalin baik, siapa tahu berlangganan dan menjadi mitra.

Sebagai penyewa tentu kejujuran harus diutamakan. Bila tidak jujur tentu kita sendiri yang akan dirugikan dan membuat kita tidak nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.